Welcome To BerryZone , it's All About BlackBerry !
 
HomeCalendarFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in
╰(◣﹏◢)╯welcome to BerryZone (created by AXY - TW) ╰(◣﹏◢)╯

Share | 
 

 tips Agar BlackBerry Anda Lebih Tangkas

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
albert_lincoln

avatar

Jumlah posting : 102
Points : 221
Join date : 2010-12-24
Age : 29
Lokasi : 7

PostSubject: tips Agar BlackBerry Anda Lebih Tangkas   Sun Dec 26 2010, 13:12

[strike]Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kinerja BlackBerry Anda dan memakainya secara lebih efisien. Setelah Anda melakukan serangkaian optimal­isasi, yakinlah bahwa BlackBerry Anda akan bekerja lebih cepat dan memadukan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi Anda. Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan perangkat BlackBerry Smartphone Anda:

Optimalkan OS
Update BlackBerry OS (Operating Sistem) Anda sesegera mungkin. Langkah ini akan memulihkan banyak kesalahan dan meningkatkan efisiensi BlackBerry OS. Anda bisa juga mempercepat kerja BlackBerry Handheld dengan beberapa cara. Pertama, upgrade Blackberry OS Anda dengan OS terakhir. Kedua, pastikan Anda tak mengaktifkan aplikasi-aplikasi di background. Jika Anda mengaktifkannya, off-kan. Gunakan tombol Esc untuk meng-off-kan aplikasi, bukan dengan menggu­nakan tombol merah (Red End). Ketiga, enyahkan aplikasi yang Anda tidak perlu­kan. Untuk menghapuskan sepenuhnya aplikasi-aplikasi dari BlackBerry Handheld Anda, pilih Options > Advanced Options > Applications, kemudian blok (highlight) aplikasi yang Anda akan hapus, klik tom­bol Menu dan pilih Delete. Keempat, off-kan Content Compression dan Content Protection dengan mengklik Options > Security Options > General Settings. Ke­lima, lakukan setting Key Rate ke posisi Fast, dengan memilih Options > Screen/ Keyboard. Terakhir, letakkan sesedikit mungkin ikon pada tampilan home di BlackBerry Handheld Anda. Langkah ini memungkinkan pemuatan menu utama dan switching ke posisi horizontal ber­langsung lebih cepat.

Optimalkan Memori
Terlalu banyaknya muatan di memori aplikasi acap jadi biang keladi melambat­nya aksi maupun respons dari perangkat BlackBerry Anda. Biasanya, ini terjadi karena pengguna mengunduh terlalu banyak aplikasi yang kemudian ‘bersemayam’ di memori aplikasi. Langkah terbaik untuk mengoptimalkan kinerja memori BlackBerry adalah dengan menyisakan sebanyak mungkin ruang kosong dalam memori tersebut. Sisakan ruang setidaknya 400KB pada memori aplikasi.

Nah, untuk mengoptimalkan memori di BlackBerry Handheld Anda, hapus ap­likasi yang Anda tidak butuhkan. Hapus email dan pesan MMS usang, terutama pesan berlampiran. Jika Anda baru saja meng-update peranti lunak BlackBerry Smartphone melalui jaringan nirkabel, hapus versi sebelumnya, yang masih bercokol di BlackBerry Anda. Kosongkan cache pada BlackBerry Browser. Hapus kontak-kontak yang sudah tercatat di ad­dress book Anda. Hapus juga aplikasi dan bahasa yang tak Anda gunakan. Jika me­mungkinkan, instal dan gunakan memory card untuk menyimpan file musik, gambar, dan lainnya.
Ubah juga opsi untuk pesan-pesan email, entri kalender, dan media files, agar menggunakan lebih sedikit memori di BlackBerry Smartphone. Lakukan langkah sebagai berikut:

* Kurangi masa menyimpan pesan dan entri kalender di BlackBerry Smart­phone Anda.
* Jika mau mengubah kualitas gam­bar yang Anda buat dengan fitur kamera di Blackberry Anda, lakukan setting ke po­sisi Normal.
* Jangan meneruskan pesan ke Black­Berry Device yang tersambung ke kom­puter Anda.
* Terimalah bagian pertama saja dari email panjang.
* Turunkan kualitas gambar pada browser.
* Terakhir, kosongkan cache pada BlackBerry Browser dari waktu ke waktu.

Jika memori Anda sudah cukup terbe­bani berbagai aplikasi, ‘tumpukan’ e-mail maupun file, dan Anda tak mau mengha­pusnya karena satu dan lain hal, Anda sebagai pengguna BlackBerry masih bisa memanfaatkan aplikasi untuk mengelola ruang memori Anda secara lebih baik. Efeknya, aplikasi bisa lebih mengopti­malkan memory pada BlackBerry Anda. Silakan mengunduh aplikasi ini di http:// www.box.net/shared/xo4s3dzgjv.

Optimalkan Performa Baterai
Daya baterai yang dengan cepat menu­run (drop) acap menjadi salah satu satu faktor yang melambatkan kinerja perang­kat BlackBerry Anda. Nah, untuk mence­gah hal ini terjadi, ikuti petunjuk berikut ini:

* Saat Anda tak membutuhkan GPS dan bluetooth, nonaktifkan kedua fitur itu.
* Jika tak ada hotspot pada lokasi di mana Anda berada, nonaktifkan aplikasi koneksi Wi-fi. Karena pengaktifan koneksi Wi-fi termasuk faktor penting yang me­mengaruhi performa baterai. Jika Wi-Fi terus-menerus mencari sinyal, akan mem­buat daya baterai menurun dengan relatif cepat.
* Setting nada getar dan volume suara pada tingkat relatif tinggi juga menurunkan daya baterai dengan cepat. Jadi, laku­kan setting nada getar dan volume suara ke tingkat seperlunya saja.
* Jangan mengaktifkan banyak aplika­si di background, karena akan menyebab­kan daya baterai melorot dengan cepat pula.
* Terakhir, matikan BlackBerry Anda, atau setting ke mode Airplane jika tidak ada sinyal pada lokasi di mana Anda be­rada. Ingat, bagaimanapun BlackBerry Anda membutuhkan energi untuk mencari sinyal. Jika Anda membiarkan perang­kat di ponsel Anda terus-menerus men­cari sinyal, ini berarti Anda memaksanya bekerja lebih berat sehingga menyedot lebih banyak energi dari baterai. Lebih parah lagi, daya baterai itu terbuang per­cuma bila memang tak ada sinyal di lokasi Anda.

Optimalkan Kecepatan Mengirim SMS & MMS
Lakukan setting mode T9 ke posisi enable. Jika T9 dalam posisi enable, Anda akan bisa mengetik secara lebih cepat dan mudah dengan menyentuh sedikit saja tombol mungil di BlackBerry Anda. Untuk setting T9 ke posisi enable, pilih Options > Language > Input Options > Uncheck both Predictive Input and Spell Check, kemudian klik opsi yang Anda ke­hendaki.

Berikutnya, lakukan setting periode in­terval tap dan hover. Anda bisa melakukan settting periode tap interval dan hover sesuai kebiasaan personal Anda. Tap interval adalah durasi antara klik hingga register dengan double tap (ketukan ganda), sama dengan melakukan double click pada PC. Anda bisa mengonfigurasinya pada level antara 100-500. Lazimnya tap inter­val berada di angka 300. Periode hover adalah durasi sejak benda tertentu atau jari Anda menyentuh permukaan layar sampai mendapat respon dari perangkat BlackBer­ry Anda. Skor hover yang lebih tinggi akan membuat periode hover lebih lama, dan ini berarti Anda harus meletakkan jari Anda lebih lama pada obyek sampai tindakan atau instruksi Anda itu mendapat respon dari perangkat BlackBerry.

Periode hover yang normal berada pada level 200. Lakukan setting tap in­terval dengan memilih Options> Screen/ Keyboard>Key Rate, Tap Interval, Hover Period, dan Swipe Sensitivity. Sebagai gambaran, setting normal pada BlackBer­ry Storm 9500 adalah: Tap Interval 300, Hover Period 200, dan Swipe Sensitivity pada level High (6).

Nah, sekarang bagaimana mengirim foto/video MMS pada BlackBerry dengan relatif cepat dan efektif? Anda mungkin sudah mengetahuinya. Jika belum, ikuti petunjuk berikut ini: pilih SMS And MMS > klik Compose MMS > pilih kontak tujuan SMS/MMS Anda > klik Subject, masuk­kan judul > Scroll ke bagian input teks di layar, masukkan teks > tekan BlackBerry key, klik opsi yang Anda kehendaki (misalnya Attach Picture) > pilih file media yang Anda kehendaki > Tekan BlackBerry key, klik Send, maka Anda telah selesai mengirim pesan MMS berupa gambar/ foto atau video dengan BlackBerry Smart­phone.

Optimalkan Kecepatan Proses Pemanggilan
BlackBerry menyediakan opsi panggilan cepat (speed dial) bagi penggunanya.
Untuk melakukan setting speed dial, tekan tombol BlackBerry Handheld Phone > View Speed Dial List > lakukan ketukan (tap) ringan untuk memilih slot speed dial eksisting yang Anda mau ubah > ke­mudian tekan tombol BlackBerry > Move > lakukan tap ringan untuk memilih slot blank speed dial yang Anda mau geser > Tekan tombol BlackBerry > Show Key­board > ketuk tombol return, kemudan escape > periksa dengan Phone key > View Speed Dial List, untuk mendapatkan konfirmasi apakah Anda sudah berhasil melakukan perubahan yang Anda kehen­daki.
Back to top Go down
View user profile http://inter.it
 

tips Agar BlackBerry Anda Lebih Tangkas

View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Berry Zone :: Out of Topic-
Jump to: